PP FTZ

Jenis-Jenis Pemberitahuan Pabean Di Kawasan Bebas (Batam, Bintan dan Karimun)

Berikut ini saya akan postingkan jenis-jenis Pemberitahuan Pabean di Kawasan Bebas. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 10 Tahun 2012, pemberitahuan pabean diwilayah yang telah ditunjuk sebagai Kawasan Bebas di bagi menjadi beberapa bagian.
Jenis-jenis pemberitahuan pabean tersebut dibagi berdasarkan jenis-jenis pemasukan dan pengeluaran barang dari atau ke Kawasan Bebas. Berikut ini jenis-jenis pemberitahuan pabean yang terdapat di Kawasan Bebas ( Batam, Bintan dan Karimun ) :

Pemberitahuan Pabean FTZ-01


Pemberitahuan Pabean FTZ-01 yang disingkat dengan PPFTZ-01 merupakan pemberitahuan pabean untuk jenis pemasukan atau pengeluaran barang sebagai berikut :
1.      Dari Luar Daerah Pabean ke Kawasan Bebas
Pengertian dari Luar Daerah Pabean (LDP) adalah wilayah yang berada di luar kawasan pabean yang berada di Indonesia dalam arti lain adalah Luar Negri. Jenis ini merupakan untuk pemberitahuan pemasukan barang-barang yang di import kedalam kawasan bebas. Seperti misalnya kita membeli barang dari Singapore dan dikirim ke kawasan bebas Batam.
2.      Dari Kawasan Bebas ke Tempat Lain Dalam Daerah Pabean
Tempat Lain Dalam Daerah Pabean ( TLDDP ) adalah Daerah Pabean selain Kawasan Bebas, Tempat Penimbunan Berikat dan Kawasan Ekonomi Khusus. Dalam arti lain Daerah Pabean di wilayah Indonesia yang tidak ditunjuk sebagai Kawasan Bebas, TPB dan KEK. Jenis ini merupakan pemberitahuan pengeluaran barang. Pengeluaran barang dari KB ke TLDDP akan dikenakan Pajak Pertambahan Nilai sebesar 10% dari nilai barang.
3.      Dari Kawasan Bebas ke Luar Daerah Pabean
Jenis pemberitahuan ini merupakan jenis pengeluaran barang dari Kawasan Bebas ke Luar Negri atau yang biasa di sebut dengan ekspor.
Dari Ketiga jenis tersebut memiliki cara yang berbeda-beda dalam hal pelaporannya.

Pemberitahuan Pabean FTZ-02


Pemberitahuan Pabean ini merupakan untuk jenis pemasukan atau pengeluaran sebagai berikut :
1.      Dari Kawasan Bebas ke Kawasan Bebas Lain
2.      Dari Kawasan Bebas ke Tempat Penimbunan Berikat
3.      Dari Kawasan Bebas Lain ke Kawasan Bebas
4.      Dari Tempat Penimbunan Berikat Ke Kawasan Bebas
5.      Dari Kawasan Bebas ke Kawasan Ekonomi Khusus
6.      Dari Kawasan Ekonomi Khusus Ke Kawasan Bebas





 

Pemberitahuan Pabean FTZ-03


Pemberitahuan Pabean FTZ-03 merupakan pemberitahuan yang untuk pemasukan barang dari Tempat Lain Dalam Daerah Pabean kedalam Kawasan Bebas. Untuk pemberitahuan ini dokumen yang dilaporkan akan didaftarkan ke Kantor Bea dan Cukai dan kemudian di Laporkan kembali kepada petugas Direktorat Jenderal Pajak yang berada di Kantor Bea dan Cukai untuk mendapatkan Endorsement fasilitas PPN tidak dipungut.
 

Comments